Berbeda Pendapat

oleh. Raddy Ibnu Jihad

doc.http://www.ukhtiindonesia.com/


Berbeda pendapat adalah watak dasar dari manusia. Siapapun dia. Di satu sisi kita sering mengganggap bahwa kita itu benar dari sudut pandang sendiri, namun perlu diingat di sisi lain bisa jadi kita itu salah. Teruntuk lagi saat ego dan emosi menguasai langkah pikiran kita. Maka semua orang seakan harus mengikuti dan mengiyyakan apa yang kita inginkan. Semua jadi serba saling menang sendiri kan. Mungkin kita harus mulai menyadari sobat sekalipun benar pendapat yang kita sampaikan haruslah ingat ada adab saling menghargai. 

Kali ini menjadi sebuah peringatan berkelas bahwasanya semua orang berhak berpendapat, berhak menyatakan pesan pribadi, namun tetaplah membiasakan melakukan musyawarah untuk menemukan kesepakatan bersama yang mungkin menjadi jalan terbaik mendapatkan hasil. Namun, ingat selalu ada adab dalam saling menghargai pendapat ketika tidak terjadi kesatuan dalam pendapat. 

Renungan kali ini adalah sikap kita untuk menyikapi bagaimana selayaknya kasus beda pendapat itu dihadapi. Bagaimanapun pula pasti suatu saat kita akan menghadapinya. Oleh karena itu, jangan mudah tersulut emosi karena pendapat kita belum terakomodir, namun letakkan eleganitas bersikap untuk saling menghargai pendapat yang lain.

Bersikap bijaksana dalam menghadapi masalah, jangan sampai masalah mengakhiri kebijaksanaan kita dalam bersikap.

~ Salam Raddy Ibnu Jihad - Penulis Inspiratif Kreatif ☺

Komentar

  1. Tolong dijelaskan bgaimn bisa beda pendapat diselesaikan dg jalan kesepakatan bersama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf maksudnya gimana ya hehe... coba dibaca ulang tulisan saya... maaf kalo mungkin ada yang salah

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terus Belajar

Open Pre Order Buku Antologi Ketiga

MENERJEMAHKAN BAHASA AKAL DAN HATI