Edisi Curhat : Aku Penulis (2)




Oleh. Raddy Ibnu Jihad

Alhamdulillah sobat pena dimanapun kalian berada...
Lumayan lama juga aku ndak nulis di laman blog tercinta ini, hehehe...
Sebenarnya bukannya ndak sempet atau ndak ada ide (widih gaya bingitz ya..), melainkan penyakit malas yang bersarang kronis nih. Wakakaka... padahal penyakit malas kan harus diberantas sampai akar-akarnya (pohon kaleeee...)

Oke sobat pena....
Pada edisi curhat sebelumnya adalah motivasi sekadarnya tentang menjadi seorang penulis. Nah, setelah sekian lama merenungi kira-kira gimana nih buat sobat pena sekalian. Adakah sebuah inspirasi menyusup ke dalam otak untuk menggerakkan tangan buat menulis (mengetik kalo pake laptop or PC hehehe...). Kalo udah dateng tuh yang namanya inspirasi janagn ditunda-tunda lagi ya sob. Soalnya biasanya tuh inspirasi pilih-pilih waktu buat ketemuan hehe... kalo kita cuekin ntar pergi lagi lho sob (parah kan...)

Berbicara masalah inspirasi sebenarnya dia selalu jalan-jalan di sekeliling kita lho. Ndak percaya??? Coba deh sejenak aja kita lihat sekeliling saat lagi duduk santai. Mungkin saat sedang di alam bebas, maka suasana di alam tersebut sebenarnya adalah sumber inspirasi tak terbatas yang sedang melambai-lambai minta untuk ditarik menjadi tulisan. Jreng... jreng... jreng... bisa jadi cerita, atau puisi, atau coret-coret apalah. Mungkin kita sedang di kelas atau di kantor, maka lihatlah yang ada disekelilingmu. Sebenarnya inspirasi sedang menari-nari dan menggoda untuk minta ditulis. Misalnya guru yang sedang menjelaskan pelajaran hari itu atau suasana presentasi makalah di ruang kuliahmu. Nah cermati dengan seksama tuh inspirasi apa yang sedang berlonjatan (kayak kutu aja ya...hehe). Guru bisa jadi sumber tulisanmu. Temanmu yang tidur molor bisa ditulis tuh. Mungkin juga ada yang lagi ngupil bisa juga tuh atau yang lagi mainan ingusnya (wakakaka parah ya contohnya, tapi relevan lho...). Kalo kamu mahasiswa mungkin dosen kamu juga bisa jadi sumber tulisanmu. Dosen yang killer, yang suka ngasih tugas doank, yang sering marah-marah nggak jelas, yang baik hati, yang lemah lembut, yang perhatian penuh kasih sayang (so sweeet dah...). pastinya inspirasi tuh sebenarnya lagi jalan-jalan, kadang loncat-loncat, merangkak, menari, atau berlari-lari di sekeliling kita.

Tuh kan... nggak ada yang salah dengan yang namanya inspirasi sob. Dia itu selalu datang setiap saat, namun kitanya aja yang kadang cuekin. Nah, coba kalo kamu lagi datengin sohib kamu, eh dia cuek sakit ati kan (walah malah baper hihihi...). Maksudnya kita belajar untuk lebih peka terhadap inspirasi yang sesungguhnya bin sebenarnya bin selalu datang setiap saat. Kalo kamu sadar ya sob, kecuali kalo lagi pingsan (#peace) bertubi-tubi inspirasi itu selalu membombardir namun kita seringkali tak menangkapnya malahan membiarkannya terbang melayang bebas seperti burung terbang ke angkasa. Nah kalo udah ilang aja alesannya gampang bingitz kita bilang “lagi nggak mood nih”, “lagi ngeblank”, “belum ada ide yang dateng”, “mau mencari inspirasi dulu”. Haduuuuuuh padahal saat dia datang denan sedirinya kita cuekin malah. Dasar ya kadang kita itu suka PHP-in inspirasi (hehehe...)

Catatan akhir buat edisi curhat kali ini adalah jangan remehkan inspirasi apapun yang tiba-tiba menggugah otak kita untuk menuliskannya. Mungkin tidak jadi langsung tulisan lengkap full version, akan tetapi sebagai tabungan inspirasi yang bisa dijadikan bahan di waktu-waktu lainnya nanti. Siiiip deh....!!! Mantap kan sob. Kurang lebihnya aku minta maaf ya. Mungkin aja ada salah-salah kata yang tersengaja hehehe....

#Raddyibnujihad #penulisinspiratifkreatif
#mengubahmimpimenjadiaksinyata
#keepspiritforsuccess

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terus Belajar

MENERJEMAHKAN BAHASA AKAL DAN HATI

Open Pre Order Buku Antologi Ketiga